Belopa, InfoPublik – Demi menumbuhkannya kembali semangat yang sudah hamper punah, Bupati Luwu buka secara resmi Kegiatan Pembinaan dan Pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong (BBGR) tingkat kabupaten Luwu tahun 2019 di aula pertemuan kantor Bappeda kab. Luwu, Belopa, Rabu (31/7/2019).

Mengangkat Tema “Dengan Semangat Gotong Royong kita Wujudkan Sinergitas dan Persatuan Menuju Kab. Luwu yang Maju, Sejahtera dan Mandiri”, pencanangan BBGR tersebut di hadiri, Pabung Luwu, Mayor Arm Syafaruddin, Wakapolres Luwu, Abraham Tahalele, Tenaga Ahli Bupati, Amsal Sampetondok, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, Camat, Kepala Desa dan unsur TNI-Polri.

Dalam Sambutannya, Bupati Luwu mengatakan bahwa sejak 20 tahun terakhir ini, semangat gotong royong sudah punah sama sekali dan penyebabnya sangat sederhana sekali, yaitu Tuntutan Hidup.

“20 tahun terakhir saya tidak pernah lagi melihat semangat kegotong royongan itu. Berdasarkan pengamatan saya bahwa semangat itu punah karena persoalan sederhana, yaitu hanya saja tuntutan kehidupan. Padahal kalau kita sadari tuntutan kehidupan itu lebih berarti, lebih membuat kita untuk hidup layak kalau semangat gotong royong ikut kita bangkitkan, dan kita suarakan. Orang yang memelihara semangat gotong royong, maka di dalam jiwanya ada semangat kebersamaan, ada semangat kerjasama, ada inovasi dan mampu merasakan sesuatu yang dirasakan orang lain”, kata H Basmin Mattayang

Menurutnya, untuk bisa mengembalikan kembali semangat kegotong royongan dikabupaten Luwu, para pejabat pemerintah, mulai kepala OPD, Camat hingga kepala desa perlu membuat suatu program kegiatan yang dilaksanakan secara kontinyu dan berkala

“Untuk Para Camat, Kepala Desa, cobalah buat program kegiatan yang sifatnya rutin dengan melibatkan masyarakat, rangkul kembali masyarakat untuk berperan aktif dalam menumbuhkan semangat kegotong royongan. Kita harus peka terhadap lingkungan sekitar, tanamkan jiwa sosial dalam diri kita. Jika ini sudah tertanam maka setiap ada pekerjaan yang dianggap susah, upayakanlah untuk kerjakan secara Bersama-sama. Jangan ada tetangga kita mengalami kesusahan kita diam saja. Peran Ibu-ibu PKK ditingkat kecamatan dan desa sangat memegang peranan yang sangat besar dalam ikut membina masyarakat”, kata H Basmin Mattayang.

Pada kesempatan itu pula, melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kabag Pemerintahan dan Kepala Dinas DPMD, H Basmin Mattayang meminta agar lebih pro aktif memantau kelestarian kantor-kantor kecamatan dan kantor Desa yang dianggapnya kurang dijaga kebersihan, keindahan dan kurang ditata dengan baik.